Anda ingin tahu bagaimana cara membeli rumah dengan gaji kecil? Memiliki rumah adalah keinginan bagi banyak orang, berapapun kemampuan membelinya. Walau tidak mudah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal ini. Melakukan langkah yang tepat akan memungkinkan pembelian rumah sesuai impiannya.

Cara Membeli Rumah dengan Gaji Kecil Yang Mudah

Membeli rumah umumnya dilakukan dengan membayar angsuran dengan menaruh uang muka atau DP (Down Payment) terlebih dahulu. Bagi mereka yang memiliki gaji kecil bahkan bawah UMR, ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk Jangan khawatir, rumah idaman tetap bisa Anda miliki asalkan tau cara membeli rumah walau memiliki gaji kecil.

1. Ikut Program Ikut KPR (Kredit Kepemilikan Rumah)

KPR adalah salah satu cara membeli rumah dengan gaji kecil melalui program yang dibuat perbankan kepada nasabah untuk membeli atau merenovasi rumah. Anda dihadapkan pada pilihan Non Subsidi dan KPR Subsidi. Kalau memiliki kualifikasi untuk mendapatkan subsidi dari pemerintah, Anda bisa mengajukannya,

KPR Non Subsidi lebih bagi kalangan yang tidak memenuhi syarat untuk mengajukan KPR Subsidi. Persyaratan dan suku bunga ditentukan bank yang memberikan program ini pada nasabahnya.

2. Fokus Mengumpulkan DP Rumah

Pada dasarnya membeli rumah bisa dengan cara mengangsur, yang perlu dikumpulkan adalah sejumlah uang yang cukup besar untuk dijadikan DP (Down Payment) atau pembayaran awal. Jumlah DP umumnya 20 sampai 30 persen dari harga rumah.

Anda bisa menyisihkan sejumlah besar uang gaji yang Anda miliki untuk dijadikan DP. Bisa juga Anda mencari uang tambahan yang memang disisihkan untuk menjadi pembayaran awal untuk bisa menyicil rumah idaman Anda.

3. Sistem Autodebet

Jika Anda kesulitan mengumpulkan uang untuk jadi DP atau mengangsur. Anda dapat memanfaatkan sistem autodebet. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukannya secara manual, ada sistem otomatis yang dapat disetting agar dapat langsung memotong uang yang masuk langsung.

Anda harus konsisten dan disiplin untuk melakukan hal ini. Karena, akan selalu ada kebutuhan yang dapat membuat Anda tergoda untuk menggunakannya. Kalau dibiarkan, Anda tidak akan bisa menyisihkan uang dengan benar untuk membeli rumah.

4. Terbebas dari Utang

Cara membeli rumah dengan gaji kecil adalah dengan mengetahui kemampuan untuk membeli atau mencicil rumah yang diinginkan. Kalau Anda masih ada hutang yang belum terselesaikan, seperti cicilan mobil atau motor, ada baiknya untuk menyegerakan cicilannya sebelum mengambil cicilan lain.

Beberapa cara membeli rumah melalui KPR atau pinjaman bank akan melihat data pinjaman Anda. Kalau masih memiliki cicilan yang belum tuntas, ada kemungkinan besar, pengajuan Anda tidak akan dipenuhi.

5. Ubah Gaya Hidup Boros

Berapapun pendapatan Anda, asalkan dibagi sesuai dengan prioritas dan mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan, Anda bisa mengumpulkan uang untuk membeli rumah. Hal ini hanya bisa dicapai dengan mengadopsi cara hidup hemat.

Kalau kalkulasinya masih tidak masuk, Anda harus lebih berhemat agar memperoleh tujuan yang diinginkan. Cara membeli rumah dengan gaji kecil adalah mengurangi pengeluaran. Hal seperti hiburan, ngafe atau jalan-jalan bisa dikurangi atau dihilangkan terlebih dahulu. Pertimbangkan ulang apa saja yang menjadi kebutuhan mendesak Anda.

6. Berinvestasi

Cara mendapatkan uang besar dalam satu waktu dan tidak mencicil adalah dengan melakukan investasi. Ada banyak program investasi yang bisa Anda pertimbangkan mulai dari Saham, Obligasi atau Reksadana. Ada investasi yang cukup aman dengan minim resiko khususnya yang berkaitan dengan investasi yang didukung Pemerintah.

Kalau Anda memiliki latar belakang keuangan dan memahami bidang ini, akan lebih baik. Anda memiliki kesempatan untuk memutarkan modal dan membuatnya jadi berlipat ganda sesuai dengan jenis investasi yang diambil.

7. Membuat Rencana Keuangan

Anda mungkin memiliki kendala dalam mendapatkan modal untuk membeli rumah. Langkah realistis yang bisa dilakukan adalah membuat rencana keuangan. Mulai dari pendapatan dan pengeluaran.

Pengelolaan keuangan yang disiplin akan memudahkan untuk mengatur keuangan. Cara ini dapat dipakai untuk membeli rumah dengan menjadikannya prioritas sehingga didahulukan dibandingkan kebutuhan lainnya.

Pendapatan pas-pasan bukan halangan untuk memperoleh rumah sendiri. Gunakan berbagai cara membeli rumah dengan gaji kecil sebagai pertimbangan untuk dicoba sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan memakai beberapa cara dalam waktu bersamaan, Anda meningkatkan peluang untuk membeli rumah dengan gaji yang minim.